Jawaban Brainly - Kunci Jawaban B. Indonesia Kelas XI SMK/SMA Revisi 2017

Jawaban Brainly - Kunci Jawaban B. Indonesia Kelas XI SMK/SMA Revisi 2017

Jawaban Brainly - Bahasa Indonesia Kunci Jawaban Modul/Buku Bahasa Indonesia Kelas 11 Revisi 2017
Kunci Jawaban B.Indonesia kelas XI Revisi 2017 halaman 63
 
Bacaan Demonstrasi Massa
SOAL TUGAS halaman 63 Demonstrasi Massa


Soal nomor 1
Bacalah kembali teks yang berjudul “Demonstrasi Massa” di atas.Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!

Jawaban
1.Menentukan bagian-bagian dari struktur teks yang berjudul “Demonstrasi Massa”berupa identifikasi fenomena, proses kejadian, ulasan, dan simpulan.
a. Identifikasi fenomena : “Penyebab demonstrasi dan anarkisme tidak lain adalah faktor laparnya masyarakat”, “Demonstrasi bukan hal aneh lagi bagi negara-negara Eropa”.
b. Proses kejadian : “Rakyat Malaysia dan Brunei yang adem ayem,lantaran kesejahteraan terpenuhi, maka demonstrasi
di negara-negara itu jarang terjadi.”, “Komentar dari kepala daerah menyulut reaksi para mahasiswa. Mereka memprotes dan meminta sang Bupati mencabut kembali pernyataannya”, “Demonstrasi massa tidak selalu disebabkan oleh urusan perut,bahkan banyak peristiwa yang sama sekali tidak disadari oleh motif itu.”, “Pada umumnya demonstrasi massa justru lebih disadari oleh kebutuhan tingkatan akhir itu. Masyarakat berdemonstrasi karena membutuhkan pengakuan dari pemerintah ataupun pihak-pihak lain agar hak-hak dan eksistensi mereka diakui.”
c. Ulasan : “Demonstrasi massa pada awal-awal reformasi di negeri ini pada tahun 1997–1998, bukan dilakukan oleh rakyat miskin ataupun orang-orang lapar.Justru hal itu dilakukan oleh warga dari kalanganmenengah ke atas, dalam hal ini adalah mahasiswa dan golongan intelektual”.
d. Simpulan Banyak hal yang melatarbelakangi terjadinya demonstrasi, yaitu karena adanya ketidaksesuaian aturan dan pelaksanaan, didorong oleh beberapa pihak, serta pelaksananya tidak selalu dari kalangan menengah ke bawah bahkan menengah ke atas.