Jawaban Brainly - Kunci jawaban Buku/Modul Bahasa Indonesia Revisi 2017 SMA/SMK Halaman 98-99

Jawaban Brainly - Kunci jawaban Buku/Modul Bahasa Indonesia Revisi 2017 SMA/SMK Halaman 98-99

Jawaban Brainly - Bahasa Indonesia
Kunci jawaban halaman 98-99
Buku/modul bahasa Indonesia kelas XI SMA/SMK revisi 2017


SOAL

1.Dari sepuluh jenis topik yang didaftarkan di atas, tentukanlah sebuah topik yang menurutmu bagus untuk diceramahkan. Karena masih bersifat umum,perjelaslah topik tersebut agar lebih spesifik. Kemudian jelaskanlah kepada teman-teman alasan pemilihan topik itu berdasarkan empat pertimbangan di atas.



2.Susunlah tujuan umum dan tujuan khusus dari topik yang telah kamu tentukan itu. Sajikanlah kegiatanmu itu ke dalam format berikut.


3.Susunlah kerangka untuk topik ceramah yang telah kamu rumuskan itu. Isi dan sistematika kerangka harus sesuai dengan tujuan yang telah kamu buat. Mintalah saran kepada teman-temanmu dalam penyusunannya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
 

Jawaban
1.Topik Umum : Masalah keagamaan
Spesifik Topik : dalam agama ada yang namanya berpuasa.Jadi
kita akan membaha tentang pentingnya berpuasa

Dasar Pemilihan : Pentingnya informasi mengenai aturan dan
kewajiban dalam beragama
2.Topik : Pentingnya berpuasa dalam agama Islam

Tujuan umum : keagamaan memiliki tujuan sebagai informatif.
Tujuan khusus : Pendengar memperoleh manfaat berpuasa,
pendengar memperoleh ilmu bahwa puasa memang sangat
penting bagi kaum muslim

3.Topik : Pentingnya berpuasa dalam agama Islam
a.Pembuka (tesis,pengenalan isu)
Masyarakat banyak sekali tanpa sadar menyepelekan tentang wajibnya berpuasa.sering kali banyak masyarakat mulai dari kalangan muda hingga dewasa tidak berpuasa tanpa alasan yang sudah ditetapkan dalam aturan agama.Mereka beranggapan bahwa puasa bisa diganti kapan saja.Meskipun pernyataan ini benar.tetapi bukankah puasa di hari yang ditetapkan Islam jauh lebih baik? dan
mendapat banyak manfaat pula.
b.Isi (rangkain argumen)
Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu.Banyak anak muda jaman sekarang lupa bahwa ia terikat aturan beragama.Namun masih saja banyak anak jaman sekarang yang menyepelekan.
c.Penutup (penegasan)
Berpuasa sudah menjadi kewajiban bagi semua umat Islam.Maka dari itu kita selaku umat islam hendaknya mematuhi aturan agama yang sudah terikat pada kita.dan jangan menyepelekannya.